Langsung ke konten utama

Jadi Cantik?


Taman kota siang ini tak begitu ramai.  Sembunyi dibalik dahan rindang pohon beringin dari ganasnya terik matahari memang terasa lebih nyaman. Apalagi ditemani segelas es doger merah muda kesukaan Rara. Tapi entah dari mana suara seseorang tiba-tiba mengejutkan keheningan taman itu.
“Raraaaa!”
“Huhuhu mau cerita. Emnn.. tapi darimana ya?” Gea, perempuan tomboy dengan potongan rambutnya yang pendek setelan kemeja dan jeans duduk disamping Rara dengan wajah mirip layangan singit. Cemberut.
“cerita apa? Haha, lucu banget sih kamu, Ge. Datang-datang bikin gempar.”
“ihh, lagi sebel tahu! Sruupp... sruppp” sambil meneguk es doger milik Rara tanpa permisi.
“iya, yasudah. Cerita aja. Tapi esnyaaaa.....”
“hehe, maaf Ra, panas banget, haus jadinya. Jadi ceritanya tadi tuh...” Gea mulai serius bercerita.

***
Pagi hari di rumah Gea.
“Gea, kamu itu perempuan! Jadilah perempuan yang semestinya. Yang lemah lembut, yang cantik, ehhh ini mah kelakuan mirip anak laki-laki. Hobinya main motor, panjat tebing, jalan-jalan. Liat  tuh, Ihhhh muka kamu isinya jerawat semua. Aduh anak mama yang ini kok beda banget yah, heran deh.”
Protes mama Gea melihat anaknya yang pagi ini sudah mau tancap gas dengan motornya.
“hha? Cantik? Gea gak kepikiran mau jadi cantik. Gea gak mau jadi cantik ma.”
Mama Gea geleng-geleng kepala, tak mengerti dengan pikiran anaknya. Yang mama Gea tahu, gadis seusia anaknya biasanya berlomba-lomba untuk terlihat cantik. Tapi ada apa dengan anaknya ini?
“ya ampun Gea, kalau begini terus mana ada orang yang mau sama kamu, Ge.”
“Ma, Gea gak mau jadi cantik kalau yang orang lain nilai itu hanya dari kecantikan fisik Gea. Gea gak suka setiap kali ada laki-laki menatap perempuan dengan tatapan mupeng karena kecantikan fisik perempuannya. Yah walaupun perempuan itu sudah berjilbab sekalipun, menutup aurat, menjaga kecantikannya. Tapi Gea bisa ngerasain ma, tatapan mereka berbeda.” Gea menghela napas. “Gea benci ma, untuk sebuah kata ‘cantik’ perempuan rela berjam-jam mematung di depan kaca, bertanya-tanya apakah dirinya sudah cantik atau belum. Atau menghabiskan uang yang jumlahnya tak sedikit untuk membeli produk-produk yang katanya bisa membuat mereka cantik. Gea gak ngerti sebenarnya mereka cantik untuk apa? Untuk siapa?”
Kata-kata Gea meluncur tajam ke hati, mama Gea mulai memikirkan mungkin ada benarnya apa yang dikatakan anaknya. Mama Gea terharu, ternyata dibalik ke-tomboy-an Gea, dia punya pikiran lain yang mungkin hanya dimiliki beberapa anak perempuan seusianya.
“Gea..” tangan mama Gea mendarat halus mengusap kepala anaknya,” tapi jerawatmu juga harus disembuhin, jangan bikin peternakan jerawat juga. Kan jadi mama yang geregetan kalau lihat kamu.”
“aaaaa sakit ma.. iya iya” usapan halus mama Gea berubah jadi hantaman keras saat menyentuh salah satu jerawat Gea yang lebih kelihatan seperti bisul. Gea kelabakan, berusaha mengusap-usap wajahnya menghilangkan nyeri tadi. “Udah ah ma, pokoknya Gea berangkat dulu. Assalamu’alaykum.”

***

“ummmnn... begitu.” Rara mengangguk-angguk mendengar cerita Gea. Iya benar juga apa yang dipikirkan Gea. Gea walaupun tomboy dan punya peternakan jerawat diwajahnya tapi kalau diperhatikan dia perempuan yang manis dan eksotis. “Ge, kalau begitu kenapa kamu gak pakai jilbab aja? Kan gak perlu repot-repot juga” lanjut Rara.
“Apa? Jilbab? Errrrr... masa? Tapi jilbab zaman sekarang tuh aneh Ra. Modelnya macem-macem, ada yang dililit-lilitlah, yaampun. Kalau mau jilbab syar’i kayak kamu, duhh gak siap nih. Pengen sih.. doain aja ya. Eh tapi klo aku pakai jilbab aku gak boleh pakai jeans kesayanganku dong? Trus gak bisa nongkrong bareng teman-teman motorku dong. Panjat tebing gimana? You know lah, mereka kan kebanyakan cowok. Hha apa kata dunia?”
“hehehe...” Rara senyum-senyum saja mendengar celotehan Gea.
Sebenarnya mau Ra, tapi aku gak tahu harus bagaimana memulainya.

Ada Gejolak dalam hati Gea, rumit. Apa berjilbab akan mengubah semuanya? Apa ini akan membunuh karakter Gea? Atau ini justru membuat Gea jadi cantik, setidakya dimata Tuhan-Nya? Gea masih bimbang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Manajemen Makna Terkoordinasi

Untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah percakapan, Barnett Pearce dan Vernon Cronen membentuk teori Manajemen Makna Terkoordinasi ( Coordinated Management of Meaning -CMM). Bagi Pearce dan Cronen, orang berkomunikasi berdasar aturan. Mereka berpendapat bahwa aturan tidak hanya membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga dalam menginterpretasikan apa yang dikomunikasikan orang lain kepada kita. Manajemen makna terkoordinasi secara umum merujuk pada bagaimana individu-individu menetapkan aturan untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna, dan bagaimana aturan-aturan tersebut terjalin dalam sebuah percakapan di mana makna senantiasa dikoordinasikan. Cronen, Pearce, dan Haris menyebutkan : “Teori CMM menggambarkan manusia sebagai aktor yang berusaha untuk mencapai koordinasi dengan mengelola cara-cara pesan dimaknai.” Dalam percakapan dan melalui pesan-pesan yang kita kirim dan terima, orang saling menciptakan makna. Saat kita menciptakan dunia

Kutipan Menarik dari Buku Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Buku “Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi” karangan Boy Candra ini saya beli beberapa hari yang lalu. Kalau ada yang bilang jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya saja, mungkin saya adalah bagian dari sebuah anomali. Nyatanya, keputusan saya untuk membeli novel ini sebagian besar ditentukan oleh apa yang ditampilkan pada bagian sampulnya. Saya tertarik membeli sebab sampul bukunya yang sederhana dengan ilustrasi dua orang yang berada di bawah hujan ditambah beberapa kalimat narasi di sampul belakang buku.  Ini pertama kalinya saya membaca karya dari Boy Candra. Sebuah novel yang cukup renyah untuk dicerna. Hanya perlu waktu setengah hari untuk menyelesaikan buku setebal 284 halaman ini. Berlatar belakang dunia perkuliahan, tokoh Kevin, Nara, Juned, dan Tiara dipertemukan. Kevin dan Nara sudah bersahabat sejak kecil. Diam-diam ia memendam perasaan pada Nara. Nara yang tidak tahu bahwa Kevin punya perasaan lebih padanya, pernah meminta Kevin untuk menjadi sahabat selamanya.

Fungsi Koordinator Akhwat (Korwat)

“Akhwatnya yang lain mana nih? Kok gak ada yang bersuara? Yang bicara dia-dia lagi...”   celetuk salah satu ikhwan (laki-laki) di sebuah forum. Ternyata kejadian ini juga bisa disalah pahami oleh beberapa orang. Awalnya saya juga berpikir untuk apa koordinator akhwat (perempuan) a.k.a korwat, kan sudah ada koordinator ikhwan? Bukankah dengan satu komando, sebuah koordinasi akan lebih mudah? Setelah mengamati dengan waktu yang cukup lama, jawabannya adalah karena akhwat/muslimah itu punya kekhasan tersendiri. Ada hal-hal yang tidak dapat ditangani secara langsung oleh koordinator ikhwan. Karena keunikan itulah dibutuhkan seseorang, tentunya akhwat, yang mampu mengurusi berbagai hal terkait koordinasi internal dengan akhwat-akhwat lainnya dan sebagai perantara komunikasi dengan korwan. Tentu saja kita akan dihadapkan pada pertanyaan, lantas apakah fungsi korwat hanya tampak sebagai “penyampai pesan”? Tidak, bahkan sebenarnya fungsi korwat lebih dari itu. Dari buah pemikiran (tul