Langsung ke konten utama

Profesi Membangun Peradaban

Menjalani hidup sebagai seorang dosen adalah sebuah profesi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Perasaan nervous tentang ilmu yang belum seberapa dan pengalaman dalam dunia praktis yang masih minim bisa dibilang sempat menjadi kekhawatiran tersendiri. Tapi bukan berarti kekhawatiran itu jadi palu untuk memukul mundur. Justru ketika dijalani, kekhawatiran tersebut berubah menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang dosen. Sebelum terjun ke dalam misi ini, saya sempat di-braindstorming oleh salah satu senior sekaligus dosen saya selama dua jam lebih. Kami berdiskusi tentang bagaimana semestinya menjalani pilihan hidup yang satu ini. Saya berterima kasih sekali pada beliau yang sudah berbagi pengalamannya secara terang-terangan pada waktu itu. Pencerahan dari beliau sedikit banyak memberi solusi dan kemantapan untuk menjalani profesi ini dengan sepenuh hati.

Kalau ditanya apa saja suka duka sebagai dosen muda, wah nano-nano rasanya. Mulai dari dipanggil kak di kelas, dikira mahasiswa oleh satpam kampus, dikira mahasiswa oleh mahasiswa sendiri, bahkan ada juga orang lain yang belum percaya kalau diseperembat abad usia saya ini sudah menjadi dosen; terlalu muda pikirnya. Lucu juga sih. Terlepas dari itu semua ternyata mengajar membuat saya lebih banyak belajar. Bukan hanya tentang materi pelajaran, tapi juga tentang ribuan karakter manusia dengan segala keunikannya. Selain itu hal yang berkesan lainnya adalah kita bisa saling berbagi hal-hal menarik.

Satu hal yang saya sadari bahwa menyandang status sebagai dosen bukanlah perkara ringan, karena ada tanggung jawab moral di dalamnya. Menjadi seorang pengajar sekaligus pendidik. Ini bukan hanya soal mentransfer ilmu dan pengetahuan, tapi juga mentransfer emosi, nilai-nilai kebaikan dan rasa penasaran intelektual yang dengan bekal ini diharapkan mereka terus bisa semangat belajar di universitas kehidupan. Jadi belajarnya tak sekedar selesai ketika mereka dinyatakan lulus kuliah, tapi ada pembelajaran seumur hidup (long life learning).

Ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang, siapa yang tidak menguasainya akan tersisih. Setelah adanya berbagai macam revolusi dunia, mungkin beberapa tahun mendatang kita akan tiba pada masa revolusi teknologi (ICT). Beberapa gejalannya sudah mulai terasa di abad ke-21 ini, salah satunya adalah fenomena kebangkitan internet dan disrupsi. Perkembangan pengetahuan yang ada di masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan memang saling berkejaran. Meskipun institusi pendidikan bisa dibilang sebagai salah satu institusi yang lama berkembang, tapi pendidikan bukan berarti harus ketinggalan zaman. Ali bin Abi Thalib berpesan bahwa “Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya. Sungguh mereka akan menghadapi masa yang berbeda dari masamu.”

Mengajar dan mendidik, mentransmisikan nilai-nilai kebaikan adalah pekerjaan membangun peradaban. Belajar dari sejarah, sebuah peradaban tidak selamanya berada pada kondisi konstan, kadang ia tumbuh, bangkit, atau bisa juga runtuh tatkala masyarakat gagal mewariskan moral dan nilai-nilai kebaikan yang utama pada generasi berikutnya.

Saya juga percaya bahwa pendidikan adalah jalan terbaik untuk memutus rantai kebodohan dan kemiskinan. Tentunya pendidikan dalam hal ini bukan hanya pendidikan dalam hal kognitif dan kemampuan/keterampilan, tapi juga sikap dan karakter. Sebab dengan memiliki pengetahuan orang bisa saja menjadi kaya, tapi belum tentu mulia jika tidak dibarengi dengan karakter yang positif.

Maka idealisme atau cita-cita saya hari ini bukanlah sekedar mencetak generasi-generasi penghafal yang hanya bisa memindahkan teks dari buku ke kepalanya dan menyalinnya kembali saat ujian. Bukan juga generasi robot yang hanya akan melakukan hal-hal mekanis dan terjebak rutinitas. Bukan, bukan itu. Saya berharap mereka yang akan menjadi generasi mendatang bisa menjadi generasi otentik yang mampu menjadi bagian dari solusi yang bisa menjawab tantangan zamannya. Semoga  semakin banyak generasi berkarakter baik yang mau membangun negeri ini menjadi lebih baik.

---------------------------------
Tulisan ini merupakan bagian dari #sabtulis. Apa itu sabtulis? Sabtulis adalah gerakan menulis di hari Sabtu bagi sobat yang ingin menjadikan malam minggunya lebih produktif, melatih kemampuan menyampaikan gagasan atau mengekspresikan diri melalui tulisan, serta membentuk kebiasaan baik dalam menulis. Mari ikutan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kutipan Menarik dari Buku Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Buku “Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi” karangan Boy Candra ini saya beli beberapa hari yang lalu. Kalau ada yang bilang jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya saja, mungkin saya adalah bagian dari sebuah anomali. Nyatanya, keputusan saya untuk membeli novel ini sebagian besar ditentukan oleh apa yang ditampilkan pada bagian sampulnya. Saya tertarik membeli sebab sampul bukunya yang sederhana dengan ilustrasi dua orang yang berada di bawah hujan ditambah beberapa kalimat narasi di sampul belakang buku.  Ini pertama kalinya saya membaca karya dari Boy Candra. Sebuah novel yang cukup renyah untuk dicerna. Hanya perlu waktu setengah hari untuk menyelesaikan buku setebal 284 halaman ini. Berlatar belakang dunia perkuliahan, tokoh Kevin, Nara, Juned, dan Tiara dipertemukan. Kevin dan Nara sudah bersahabat sejak kecil. Diam-diam ia memendam perasaan pada Nara. Nara yang tidak tahu bahwa Kevin punya perasaan lebih padanya, pernah meminta Kevin untuk menjadi sahabat selamanya.

Teori Manajemen Makna Terkoordinasi

Untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah percakapan, Barnett Pearce dan Vernon Cronen membentuk teori Manajemen Makna Terkoordinasi ( Coordinated Management of Meaning -CMM). Bagi Pearce dan Cronen, orang berkomunikasi berdasar aturan. Mereka berpendapat bahwa aturan tidak hanya membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga dalam menginterpretasikan apa yang dikomunikasikan orang lain kepada kita. Manajemen makna terkoordinasi secara umum merujuk pada bagaimana individu-individu menetapkan aturan untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna, dan bagaimana aturan-aturan tersebut terjalin dalam sebuah percakapan di mana makna senantiasa dikoordinasikan. Cronen, Pearce, dan Haris menyebutkan : “Teori CMM menggambarkan manusia sebagai aktor yang berusaha untuk mencapai koordinasi dengan mengelola cara-cara pesan dimaknai.” Dalam percakapan dan melalui pesan-pesan yang kita kirim dan terima, orang saling menciptakan makna. Saat kita menciptakan dunia

Fungsi Koordinator Akhwat (Korwat)

“Akhwatnya yang lain mana nih? Kok gak ada yang bersuara? Yang bicara dia-dia lagi...”   celetuk salah satu ikhwan (laki-laki) di sebuah forum. Ternyata kejadian ini juga bisa disalah pahami oleh beberapa orang. Awalnya saya juga berpikir untuk apa koordinator akhwat (perempuan) a.k.a korwat, kan sudah ada koordinator ikhwan? Bukankah dengan satu komando, sebuah koordinasi akan lebih mudah? Setelah mengamati dengan waktu yang cukup lama, jawabannya adalah karena akhwat/muslimah itu punya kekhasan tersendiri. Ada hal-hal yang tidak dapat ditangani secara langsung oleh koordinator ikhwan. Karena keunikan itulah dibutuhkan seseorang, tentunya akhwat, yang mampu mengurusi berbagai hal terkait koordinasi internal dengan akhwat-akhwat lainnya dan sebagai perantara komunikasi dengan korwan. Tentu saja kita akan dihadapkan pada pertanyaan, lantas apakah fungsi korwat hanya tampak sebagai “penyampai pesan”? Tidak, bahkan sebenarnya fungsi korwat lebih dari itu. Dari buah pemikiran (tul