Langsung ke konten utama

Mengenal Seseorang

Finally, minggu ini aku bisa menyelesaikan rangkaian episode drama korea: Cheese in The Trap. Sebenarnya sudah ditonton dari lama tapi belum sempat diselesaikan episode finalnya. Awalnya aku cuma baca webtoonnya dan memang jalan ceritanya unik. Setelah tahu bahwa webtoon ini dibuat dalam versi live action, akhirnya jadi penasaran juga untuk nonton. Saat drama ini dibuat, cerita webtoonnya juga masih berjalan alias belum tamat. So, memang ternyata ada perbedaan antara ending versi drama dan webtoon. Karena di drama berakhir gantung sementara di webtoon berakhir dengan bahagia. Tapi sama-sama menarik. Suka deh, pemeran Yu Jung (Park Hae Jin) ini mirip seperti yang di komik webtoon! 

Selama nonton drama, memang ada beberapa budaya dan nilai-nilai yang harus difilter sih buat para penonton di Indonesia apalagi yang muslim ya :) seperti kebiasaan minum-minum (beralkohol) atau pacaran (beserta rangkaian adegan yang terlalu dekat antar lawan jenis seperti kissing). Plis banget, anak-anak jangan ditiru yah. 

Pada tulisan ini, aku akan fokus cerita tentang Hong Seol dan Yu Jung. Hong Seol dan Yu Jung satu kampus dan satu jurusan. Awalnya hubungan antara Hong Seol dan Yu Jung tidak terlalu baik. Masing-masing merasakan keanehan dan sedikit ketidaksukaan. Tapi seiring berjalannya waktu, arah hubungan mereka berubah drastis: menjadi sepasang kekasih dengan latar belakang dunia yang berbeda. 

Saat kecil Jung tidak bisa mengekspresikan emosinya dengan bebas dan selalu dituntut untuk berlaku baik selayaknya orang dewasa. Menurut ayahnya Jung, Jung ini mewarisi keanehan seperti beliau dulu. Sang Ayah takut bahwa suatu hari Jung akan menjadi sosiopat. Oleh karena itu, Ayah Jung berusaha mencarikan teman dekat baginya. Tapi hubungan dengan teman dekat itu (Baek In Ha dan Baek In Ho) tidak berjalan baik, justru berkembang menjadi saling benci. Padahal yang dibutuhkan Jung adalah orang yang bisa mengerti dirinya. Mengapa Jung bisa tertarik dengan Seol ya? Mungkin karena cuma Seol yang beda diantara teman Jung lainnya yang mendekati Jung karena ada maksud tertentu. Makanya Jung berusaha duluan untuk mengenal Seol.

Oke ini aku ambil cuplikan yang menurutku menarik antara Hong Seol dan Yu Jung di episode terakhir, saat Seol sedang terbaring di rumah sakit karena koma setelah tertabrak mobil.


Seol: “Saat itu mengapa aku memegang tangan Jung? Aku tahu dia aneh, aku juga takut. Mungkin, aku berpura-pura kalau itu bukan alasannya, tapi aku merasa terganggu. Di balik senyum manisnya, dia menyembunyikan sisi dingin, kesepian, dan kekanak-kanakannya. Sifat aslinya sangat berbeda dari yang dia tampilkan. Hanya aku yang bisa melihatnya. Dia hanya memperlihatkan itu padaku. Aku ingin melihat sifat aslinya. Semakin aku mengenal Jung, perasaan aneh dan takut perlahan hilang. Dia membuat jantungku berdebar dan juga sedih. Karena itu aku tidak ingin meninggalkannya.”

Jung: “awalnya aku tidak tahu. Aku tidak menyangka akan jatuh cinta pada seseorang. Rasanya menggembirakan dan menakutkan secara bersamaan. Aku ingin bersamamu selamanya. Aku pikir semuanya akan baik-baik saja saat kamu bersamaku. Aku tidak bisa mengerti mengapa orang selalu memandangku seperti itu atau membenciku. Tapi aku rasa sekarang aku tahu alasannya. Aku menginjak-injak hati dan emosi mereka. Itu pasti menyakitkan bagi mereka. Mengapa aku tidak lebih cepat menyadarinya? Aku baru menyadari setelah ini terjadi padamu.”

Seol:” jangan berkata apa-apa. Aku tahu apa yang terjadi dan aku juga tahu mengapa hal itu terjadi. Kurasa aku juga tahu bagaimana perasaanmu saat ini.”

Jung: “Jika kamu bersamaku, kamu mungkin akan terluka dan menderita lagi.”

Seol: “Jangan cemas, aku tidak akan lari.”

Jung: “Tapi apa kamu akan baik-baik saja? Apa aku sungguh tidak perlu melepaskan tangan ini?”

Kalau dibahas dari segi komunikasi, proses ini menarik seperti yang dikemukakan dalam teori penetrasi sosial bahwa hakikatnya tiap-tiap orang memiliki lapisan kepribadian. Seperti kulit bawang, ketika kita mengupas kulit terluar maka kita akan menemukan lapisan kulit lainnya. Semakin dalam semakin informasi tentang dirinya bersifat privat. Dan proses masuk ke dalam memang bisa jadi tidak mudah. Lapisannya menjadi semakin tebal dan susah ditembus. Lapisan paling dalam adalah lapisan yang paling berdampak bagi kehidupannya. Rahasia paling rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan dan dirinya sendiri.

Keakraban memang bukan sesuatu yang otomatis, tiap-tiap individu perlu mengusahakan keterbukaan diri yang saling timbal balik. Pengungkapan diri yang kadang tidak mudah untuk dijalani. Uniknya, proses keterbukaan yang intens antara Hong Seol dan Yu Jung ini tidak terjadi di awal-awal mereka berinteraksi. Dan kadang semakin masuk ke dalam, keterbukaan ini tidak lagi bersifat timbal balik. Mungkin karena proses pemahaman yang lebih dalam signifikan dengan waktu yang dibutuhkan. 

Pada kondisi krisis, kestabilan hubungan menemui ujian. Bila dapat melaluinya hubungan cenderung akan lebih kuat, lebih bermakna, dan bertahan lama. Tapi jika tidak bisa, maka akan masuk ke dalam proses depenetrasi. Sebuah proses pemudaran hubungan yang bertahap; mundur teratur atau bahkan bisa jadi radikal dengan pemutusan kontak. Ditahap krisis ini, Yu Jung memilih untuk mengakhiri hubungannya dengan Seol karena kecemasannya sendiri, dan Jung pergi ke luar negeri mengikuti perintah ayahnya. Sedih sih, karena sebenarnya Hong Seol masih mau berusaha memperjuangkan hubungannya dengan Jung.

“Apa aku pernah berusaha keras untuk mengenal seseorang? Waktu yang kubutuhkan untuk memahami dan menerima Jung. Bukan, Jung mungkin butuh waktu yang lebih lama dari itu.” –Hong Seol

Buat aku yang sebenernya cuek dan jarang mencampuri kehidupan orang lain, drama ini cukup berkesan. Jadi merenung sendiri, apa selama ini aku sudah berusaha keras untuk mengenal seseorang? Menerima kehadirannya dengan tulus? Memperlakukannya dengan baik? Dan membuat orang lain juga mudah untuk mengenalku?

Bagaimana denganmu?
------------------------------
Tulisan kedua untuk #sabtulis. Sabtulis (Sabtu Menulis) adalah gerakan menulis di hari Sabtu. Kamu bisa menuliskan tentang gagasan, cerita, puisi, prosa, ataupun hal lain yang ingin kamu ekspresikan melalui tulisan. Yuk Ikutan! Mengenal diri, mengapresiasi diri, dan menjadi lebih percaya diri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Manajemen Makna Terkoordinasi

Untuk memahami apa yang terjadi dalam sebuah percakapan, Barnett Pearce dan Vernon Cronen membentuk teori Manajemen Makna Terkoordinasi ( Coordinated Management of Meaning -CMM). Bagi Pearce dan Cronen, orang berkomunikasi berdasar aturan. Mereka berpendapat bahwa aturan tidak hanya membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga dalam menginterpretasikan apa yang dikomunikasikan orang lain kepada kita. Manajemen makna terkoordinasi secara umum merujuk pada bagaimana individu-individu menetapkan aturan untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna, dan bagaimana aturan-aturan tersebut terjalin dalam sebuah percakapan di mana makna senantiasa dikoordinasikan. Cronen, Pearce, dan Haris menyebutkan : “Teori CMM menggambarkan manusia sebagai aktor yang berusaha untuk mencapai koordinasi dengan mengelola cara-cara pesan dimaknai.” Dalam percakapan dan melalui pesan-pesan yang kita kirim dan terima, orang saling menciptakan makna. Saat kita menciptakan dunia

Kutipan Menarik dari Buku Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Buku “Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi” karangan Boy Candra ini saya beli beberapa hari yang lalu. Kalau ada yang bilang jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya saja, mungkin saya adalah bagian dari sebuah anomali. Nyatanya, keputusan saya untuk membeli novel ini sebagian besar ditentukan oleh apa yang ditampilkan pada bagian sampulnya. Saya tertarik membeli sebab sampul bukunya yang sederhana dengan ilustrasi dua orang yang berada di bawah hujan ditambah beberapa kalimat narasi di sampul belakang buku.  Ini pertama kalinya saya membaca karya dari Boy Candra. Sebuah novel yang cukup renyah untuk dicerna. Hanya perlu waktu setengah hari untuk menyelesaikan buku setebal 284 halaman ini. Berlatar belakang dunia perkuliahan, tokoh Kevin, Nara, Juned, dan Tiara dipertemukan. Kevin dan Nara sudah bersahabat sejak kecil. Diam-diam ia memendam perasaan pada Nara. Nara yang tidak tahu bahwa Kevin punya perasaan lebih padanya, pernah meminta Kevin untuk menjadi sahabat selamanya.

Fungsi Koordinator Akhwat (Korwat)

“Akhwatnya yang lain mana nih? Kok gak ada yang bersuara? Yang bicara dia-dia lagi...”   celetuk salah satu ikhwan (laki-laki) di sebuah forum. Ternyata kejadian ini juga bisa disalah pahami oleh beberapa orang. Awalnya saya juga berpikir untuk apa koordinator akhwat (perempuan) a.k.a korwat, kan sudah ada koordinator ikhwan? Bukankah dengan satu komando, sebuah koordinasi akan lebih mudah? Setelah mengamati dengan waktu yang cukup lama, jawabannya adalah karena akhwat/muslimah itu punya kekhasan tersendiri. Ada hal-hal yang tidak dapat ditangani secara langsung oleh koordinator ikhwan. Karena keunikan itulah dibutuhkan seseorang, tentunya akhwat, yang mampu mengurusi berbagai hal terkait koordinasi internal dengan akhwat-akhwat lainnya dan sebagai perantara komunikasi dengan korwan. Tentu saja kita akan dihadapkan pada pertanyaan, lantas apakah fungsi korwat hanya tampak sebagai “penyampai pesan”? Tidak, bahkan sebenarnya fungsi korwat lebih dari itu. Dari buah pemikiran (tul